Muslim Itu Sosialis | Bulletin Islamina Vol.1 No.5

E-bulletin Islamina edisi Nomor 1 Vol 5 ini mengambil tema “Muslim: antara Sosialisme dan Islamisme”. Tema ini dipilih sebagai cara Islamina merespon peristiwa 30 September 1965, pada satu sisi, dan memberikan umpan balik terhadap gagasan di kalangan umat, pada sisi yang lain.

Misi hadirnya Islam, sebagaimana juga agama-agama lain, adalah membangun tatanan dunia yang baik, berkeadilan, berkerukunan yang salah satunya melalui pendekatan pembentukan pribadi manusia yang luhur. Karena misi tersebut, segala bentuk ketidakadilan, penindasan, dan permusuhan merupakan musuh utama Islam.

Islam lahir di tengah komunitas masyarakat Arab yang sangat eksploitatif, piramidal dan patologis. Islam lahir untuk mengubah sistem sosial tersebut menjadi masyarakat yang berdimensi keadilan, persamaan, saling menghargai, pembebasan. Islam secara normatif memiliki semangat untuk membebaskan (to liberate) manusia dari ketertindasannya dimuka bumi. Hal ini bisa dilihat dari jumlah ayat al-Qur’an yang menyarankan agar kita bertindak adil (QS; 7:29, 5:8, 16:90) membebaskan rakyat yang tertindas (mustad’afiyn) dan membela hak kaum miskin (QS 70:25, 107:1-3, 51:19). 

Unduh e-bulletin disini: Bulletin Islamina Vol.1 No.5

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.