Pesantren dan Peran Ulama Perempuan, Simak Ulasan Ini

Islamina.id – Pesantren adalah lembaga genuine yang dimiliki oleh Indonesia. Ia tidak hanya berfungsi sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga berfungsi pemberdayaan masyarakat dan dakwah, sebagaimana yang direkognisi oleh negara melalui UU No 18 Tahun 2019. Ketiga fungsi tersebut tentu tak dimiliki oleh lembaga lain, sehingga dengan demikian, hanya pesantren yang dapat memerankan ketiga fungsi tersebut. 

Sekalipun ia lembaga genuine Indonesia, karakteristik pesantren di Indonesia tidaklah seragam. Jika mengikuti klasifikasi berdasarkan aspek kelembagaan dalam kaitannya dengan bagaimana mengadopsi lembaga dan sistem modern, pesantren terbagi ke dalam pesantren salaf dan khalaf, atau tradisional dan modern.

Pesantren salaf biasanya diidentikkan dengan sistem pesantren yang tidak menyediakan lembaga formal seperti sekolah, sementara pesantren khalaf dihubungkan dengan integrasi pesantren dengan lembaga sekolah.

Tentunya, mengingat variasi pesantren hari ini, klasifikasi yang demikian semakin terkaburkan. Pasalnya, sejumlah pesantren tetap menyebut dirinya sebagai pesantren salaf kendati tersedia lembaga pendidikan juga mengenai peran ulama perempuan.

Bagaimana Pesantren dan Masa depan Ulama Perempuan?Simak penjelasan Berikut ini

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.