Taat Pemerintah yang Sah Termasuk Mengagungkan Allah

Islamina.id – Banyak orang yang mengaku cinta kepada Allah tapi tak mau menjalankan perintah Nya bahkan berani untuk durhaka kepada Nya juga berani menentang Rasul Nya.

Islam sangat memprioritaskan segala kewajiban mulai urusan ibadah misalnya Shalat puasa dan ibadah lain maupun urusan Muamalat dengan sesama manusia lebih-lebih kepada pemerintah yang sah.

Baca juga: Bagaimana Pemerintah Merespon Lahirnya Kembali Gerakan-Gerakan Khilafah di Indonesia?

Dalam sebuah Hadis yang termuat dalam kitab Riyadusholihin karya Imam Nawawi dijelaskan bahwa tanda tanda orang yang mengagungkan Allah yaitu

عَنْ أَبِي مُوسَى الأَشْعَرِيِّ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ إِنَّ مِنْ إِجْلاَلِ اللَّهِ إِكْرَامَ ذِي الشَّيْبَةِ الْمُسْلِمِ وَحَامِلِ الْقُرْآنِ غَيْرِ الْغَالِي فِيهِ وَالْجَافِي عَنْهُ وَإِكْرَامَ ذِي السُّلْطَانِ الْمُقْسِطِ

Artinya Diriwayatkan dari Abi Musa ia berkata Nabi bersabda di antara tanda orang yang mengagungkan Allah yaitu memuliakan orang muslim yang sudah beruban atau orang yang lebih tua umurnya menghormati penghafal Al Qur an yang tak berlebihan dalam mempraktekkan isinya dan menghargai pemimpin yang adil (HR. Abu Dawud)

Dari penjelasan hadis di atas menjadi jelas bahwa tanda orang yang mengagungkan Allah Ada 3 Kategori.

Baca selengkapnya di Islamkaffah.id

Moh. Afif Sholeh, M.Ag

Moh. Afif Sholeh, M.Ag

Seorang penggiat literasi dan penikmat kopi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.