Teladani KH. Hasyim Asy’ari Melalui Film

Setiap tanggal 14 Februari diperingati sebagai tanggal kelahiran KH. Hasyim Asy’ari. Ia adalah sosok ulama kharismatik yang berjasa bagi bangsa dan negara. Banyak sekali biografi-biografi tentang KH. Hasyim Asy’ari melalui buku atau jurnal. Namun, terkadang kita juga ingin tahu bentuk visual yang berbentuk sebuah film.

Tahun 2013, Ada satu film tentang KH. Hasyim Asyari yang berjudul “Sang Kiai”. Film yang disutradarai Rako Prijanto memulai setting pada tahun 1942. Ketika Jepang melakukan emansipasi ke Indonesia. Beberapa Kiai ditangkap karena melakukan perlawanan terhadap penjajah Jepang.

Film Sang Kiai diperankan oleh Ikranagara sebagai Hasyim Asy’ari. Christine Hakim sebagai Masrurah/Nyai Kapu, Agus Kuncoro sebagai KH. Wahid Hasyim, dan Adipati Dolken sebagai Harun. Film ini juga mendapatkan penghargaan sebagai Film Terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2013.

Adapun link streaming dari berbagai platform untuk menonton “Sang Kiai” sebagai berikut:

  1. iflix.com: https://www.iflix.com/title/movie/198703
  2. hotstar.com: https://www.hotstar.com/id/movies/sang-kiai/1260040092/watch
  3. vidio.com: https://www.vidio.com/watch/1951538-sang-kiai

Jejak Langkah 2 Ulama: KH. Hasyim Asyari dan KH. Ahmad Dahlan

Ada satu lagi film tentang KH. Hasyim Asyari berjudul “Jejak Langkah 2 Ulama”. Berbeda dengan Sang Kiai, film ini mengkisahkan dua ulama sekaligus (KH. Hasyim Asyari dan KH. Ahmad Dahlan). Film ini diinisiasi oleh Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan Pesantren Tebuireng.

Film ini tidak seperti film-film konvensional yang ditayangkan di bioskop atau cinema 21. Pendistribusiannya dengan cara berkeliling ke sekolah-sekolah, lembaga-lembaga pendidikan dan bioskop rakyat (pop up cinema). Tidak perlu khawatir, bagi anda yang ingin memutar film tersebut dapat menghubungi nomor 0857-3090-3040 (a.n Sigit Budi Santoso).

Syahril Mubarok

Netflix dan Kopi Hitam

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.