Tips Agar Tidak Salah Memilih Pesantren Untuk Anak

Sekitar 20 tahun belakangan, banyak sekali lembaga pendidikan Islam atau pesantren berlomba-lomba untuk eksis. Pesantren-pesantren baru ini juga perlu diidentifikasi, mengingat banyak pesantren “baru” yang berideologi menyimpang. Berikut tips agar tidak salah memilih pesantren bagi anak-anak anda menurut KH. Abdul Ghaffar Rozin atau Gus Rozin (Ketua PP Rabithah Ma’ahid al-Islamiyah Nahdhatul Ulama)

1. Jangan Terpukau

Tips yang pertama adalah jangan terpukau dengan fasilitas yang ditawarkan oleh pesantren. Tetapi lihatlah substansi atau karakter yang diajarkan oleh pesantren tersebut.

2. Mencari Informasi Kredibel

Tips yang kedua yakni mencari informasi yang kredibel tentang pesantren. Tidak hanya melihat melalui brosur, pamflet, dan website. Bisa bertanya lewat pihak ketiga atau yang memahami tentang pesantren.

3. Bertanya Terkait Kitab-kitab dan Amaliyah

Yang ketiga, dianjurkan untuk masuk ke dalam pesantren. Kemudian bertanya kepada pihak pesantren. Kitab-kitab dan amaliyah yang diajarkan di pesantren.

Lalu identifikasikan pesantren tersebut, apakah memiliki jiwa nasionalisme atau tidak. Jangan sampai anak-anak anda mengkonsumsi ideologi-ideologi menyimpang.

Selengkapnya silahkan lihat di kanal youtube Islamina Channel

Syahril Mubarok

Netflix dan Kopi Hitam

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.