Hal ini sesuai Hadist Nabi Muhammad
عن أنس أن النـبي صلى الله عليه و سلم سئل, فقال السائل : يا رسول الله, انا نتصدق عن موتانا و نحج عنهم و ندعو لهم, هل يصل ذلك اليهم؟. قال : نعم, انه ليصل اليهم و انهم ليفرحون به كما يفرح احدكم بالطبق اذا اهدي اليه
Artinya;
Dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya oleh seseorang : “Sungguh, aku bersedekah atas nama mereka, berhaji atas nama mereka dan berdoa memohon kebaikan untuk mereka. Apakah pahala amal yang demikian itu sampai kepada mereka?”. Jawab beliau “Ya, pahalanya tentu akan sampai kepada mereka dan mereka pun merasa gembira dengan kiriman tersebut, sebagaimana kegembiraan salah seorang diantara kalian sewaktu menerima hadiah sepiring makanan.
Madzhab Imam As Syafi’i
Menurut Pendapat Ulama pengikut Madzhab Imam As Syafi’i yang menyatakan bahwa
ان الصدقة يصل ثوابها الى الميت باتفاق. و أما القراءة, فالمختار – كما في شرح المنهاج – وصول ثوابها الى الميت. و ينبغي الجزم به لأته دعاء
Pahala sedekah sampai kepada mayyit. Tetapi pahala bacaan Al-Qur`an, menurut pendapat yang terpilih sebagaimana yang dijelaskan didalam kitab Syarah al-Minhaj sampai kepada si mayit. Sebaiknya kita kokoh berpegang pada pendapat yang terpilih ini, karena ini merupakan suatu doa.
Madzhab Imam Malik
Sedangkan menurut Pendapat ulama pengikut Madzhab Imam Malik
انه لا خلاف في وصول ثواب الصدقة الى الميت. و اختلف في جواز القراءة للميت. فأصل المذهب كراهتها. و ذهب المتأخرون الى جوازها, و هو الذي جرى عليه العمل, فيصل ثوابها الى الميت. و نقل ابن فرحون, انه الراجح
Tak ada perselisihan pendapat tentang sampainya pahala sedekah kepada mayit. Yang diperselisihkan adalah tentang bolehnya menghadiahkan pahala bacaan Al Qur`an dan kalimat thoyyibah lainnya) kepada si mayit. Pada prinsipnya madzhab maliki menghukumi makruh hal tersebut.
Sedangkan para ulama mutakhirin (ulama akhir) memperbolehkan mengirim hadiah pahala bacaan, sebagaimana yang tercermin dalam amaliyah (tradisi) yang sudah berjalan selama berabad-abad di tengah masyarakat, dan pahala yang dikirimkannya pun dapat sampai kepada si mayit. Ibnu Farhun menukil suatu pendapat yang menyatakan bahwa sampainya pahala bacaan kepada mayit merupakan pendapat yang terunggul.
Madzhab Hanbali
Menurut Pendapat Madzhab Hanbali. Diakhir pembahasan ini, KH Ali Maksum mengutip pendapat Imam Abdul Wahhab As Sya’roni dalam kitab Mizan Al Kubro yang menegaskan bahwa menurut madzhab Ahlu sunnah
أن للإنسان أن يجعل ثواب عمله لغيره, و به قال أحمد ابن حنبل
seseorang hendaklah menghadiahkan pahala amal sholehnya kepada orang lain. Hal ini sesuai dengan pendapat Imam Ahmad bin Hanbal.
Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa pahala amal seperti sedekah, bacaan Al Quran yang dihadiahkan kepada orang yang telah meninggal dunia akan sampai kepada mereka.