Rabu, Oktober 8, 2025
  • Login
  • Register
islamina.id
  • Beranda
  • Kabar
  • Kajian
  • Gagasan
  • Kolom
  • Biografi
  • Peradaban
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Kesehatan
  • Review Kitab
  • Video
  • Bulletin
    • Bulletin Islamina
    • Bulletin Jumat
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Kabar
  • Kajian
  • Gagasan
  • Kolom
  • Biografi
  • Peradaban
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Kesehatan
  • Review Kitab
  • Video
  • Bulletin
    • Bulletin Islamina
    • Bulletin Jumat
No Result
View All Result
islamina.id
No Result
View All Result
Home Kajian
Kisah Kelam Kekerasan Dan Teror Dalam Sejarah Agama Samawi

Kisah Kelam Kekerasan Dan Teror Dalam Sejarah Agama Samawi

Kisah Kelam Kekerasan dan Teror dalam Sejarah Agama Samawi

Dr. Suaib Taher by Dr. Suaib Taher
06/06/2020
in Kajian
13 0
0
13
SHARES
269
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on WAShare on Telegram
  • Nasrani

Nasrani adalah sebuah agama yang dibawa oleh Nabi Isa As dan sebagai pelengkap terhadap ajaran yang dibawa oleh Nabi Musa As. Nasrani merupakan agama yang mengajarkan ketuhanan dan nilai-nilai yang mulia serta toleransi yang tinggi, namun mendapat perlawanan dan penindasan yang sangat keras (Baca: Kebijakan Imperium Romawi terhadap pengikut Yesus),  sehingga membuat agama ini mengalami distorsi dari inti agama ini dan ini terus berlanjut sehingga banyak sekali nilai-nilai agama itu yang hilang dan kemudian bercampur baur dengan keyakinan serta filsafat yang berkembang pada masa itu.

Nasrani merupakan agama terbesar di muka bumi ini dan pemeluknya sepertiga dari penduduk dunia sejak ratusan tahun hingga saat ini. Bahkan menurut data statistik terakhir disebutkan bahwa pemeluk agama Nasrani mencapai dua milyar jiwa. Lalu adakah tindakan kekerasan dan terorisme dalam sejarah agama ini?

BacaJuga

Gelombang “Asia Spring”: Belajar Mengelola Gerakan Gen Z untuk Perubahan (2)

Gelombang “Asia Spring”: Belajar Mengelola Gerakan Gen Z untuk Perubahan (1)

Dekonstruksi “Rezim Kebenaran” di Era Digital (2) : Menunda Kebenaran, Meluaskan Perspektif

Perang suci atau perang salib yang pernah terjadi dalam sejarah merupakan tragedi yang penuh dengan catatan pertumpahan darah melalui berbagai tindakan terorisme, kekerasan dan pembantaian. Bukan saja pada era kegelapan di Eropa ketika Nasrani menjadi salah satu pemain utama, tetapi gerakan reformasi atau renaissance di Italia ditandai dengan pembantaian yang dilakukan oleh orang-orang Nasrani sendiri antara satu dengan yang lain.

Tragedi kekerasan ini merupakan kejadian tragis yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Menurut catatan sejarah menyebutkan bahwa hampir sepertiga orang Nasrani yang bertentangan dengan konsep pemuka agama pada saat itu dibunuh secara massal.

Suatu hal yang juga tidak bisa dilupakan bahwa perang Napolein Bonaparte tahun 1792-1815 Masehi yang sarat dengan kasus perdagangan kulit hitam telah mengakibatkan jutaan orang korban meninggal. Penjajahan  terus menerus dilakukan dan perang serta revolusi juga mengakibatkan pembantaian dan pembunuhan massal.  Sebagaimana disebutkan bahwa sekitar 20 juta penduduk asli Amerika  Utara, Tengah dan Selatan dibunuh secara massal selama tiga generasi.

Menjelang kebangkitan Eropa juga diwarnai berbagai bentuk kekerasan dan sabotase sepanjag sejarah peradaban itu. Bahkan menurut informasi jumlah orang yang tewas dalam proses peralihan itu mencapai kurang lebih 10 juta jiwa yang umumnyanya adalah penganut Nasrani, sementara umat Islam hanya sedikit dari korban tersebut.

Korban Perang Dunia Pertama mencapai 9 juta jiwa, sementara pada Perang Dunia Kedua mencapai 60 juta jiwa. Bahkan masih segar dalam ingatan kita pada tahun 1994 terjadi sebuah pembunuhan massal yang mencapai sekitar 800 ribu jiwa di sebuah negara yang dikenal mayoritas penduduknya adalah Nasrani yaitu Rwanda. Demikian pula yang terjadi di Bosnia pada tahun 1992-1995 di mana jumlah korbannya mencapai 300 ribu umat Islam dan sekitar 100 ribu umat Islam di Serbia.

Berbagai peristiwa yang terjadi di era silam maupun yang terjadi di era modern memberikan petunjuk kepada kita bahwa peradaban yang telah dibangun oleh umat Nasrani sepanjang sejarahnya juga sarat dengan pertumpahan darah. Pembantaian dan penindasan yang terjadi dalam sejarah Nasrani tidak dapat dilepaskan dari doktrin-doktrin yang telah didistorsi oleh pemuka-pemuka agama atau tokoh-tokoh politik yang menginginkan kepentingan tertentu.

Salah satu contoh misalnya seperti yang dikemukakan sebelumnya bagaimana para pendeta dan khahamat telah mengubah apa yang telah diajarkan oleh Nabi Isa As dengan memunculkan sebuah perintah yang mengajak kepada kekerasan dan pembantaian, perintah untuk membakar kota, membunuh siapapun yang ada di dalamnya baik laki-laki maupun perempuan, anak anak, dan orang tua setelah mengambil harta mereka. Tentu menjadi pertanyaan, apakah yang mereka lakukan tidak bertentangan dengan akal dan fitrah manusia itu sendiri.

  • Islam

Umat Islam tidak bisa menutup mata dan mengingkari sejarah kekerasan awal yang dilakukan atas nama agama. Nabi Muhammad Saw sendiri telah memmberitahukan kepada kita tentang kelompok Khawarij yang diduga akan muncul suatu masa . Mereka adalah orang yang membaca Al Quran, tetapi bacaannya tidak melewati tenggorokannya. Mereka menjadikan agama seperti panah dan menjurus yang membunuh orang orang Islam dan orang orang yang menyembah berhala.

Munculnya fenomena kelompok kekerasan dan teror dalam Islam ini sudah diingatkan oleh Nabi kepada umatnya pada haji wada sebagai berikut:

Artinya : Ketahuilah  bahwa sesungguhnya Allah telah mengharamkan  darah dan harta kalian  sebagaimana diharamkannya hari ini  dan di tempat ini dan di bulan ini. Ketahulah bahwa saya telah menyampaikannnya. Lalu para sahabat mengatakan Iya wahai Rasulullah, kemudian Nabi mengatakan; wahai Tuhanku sesunguhnya saya telah menyampaikannya dan saksikanlah. Nabi mengucapkan kata ini selama tiga kali berturut turut lalu mengatakan lagi, perhatikan janganlah kalian kembali menjadi kafir di mana di antara kalian saling bermusuhan.

Namun, kehendak Tuhan berbicara lain dengan terjadinya hal ini di antara kaum muslimlin itu sendiri antara satu dengan yang lain dan antara orang-orang Islam yang sudah dijamin keamanannya dalam Islam.  Setiap kali zaman semakin jauh dari zaman kenabian dan wahyu. Ujian terus menerus saling berdatangan dan fitnah terus bermunculan ini.

Dalam sejarah Islam sangat disayangkan munculnya berbagai kelompok yang telah menggunakan kekerasan  di antara sesama umat Islam dan ini merupakan sebuah cobaan. Akhir-akhir ini, muncul fenomena ekstrimisme seperti aksi pemboman yang menyasar orang yang sudah dijamin keamanannanya dalam Islam dan mereka yang tidak berdosa yang terjadi di tempat umum baik itu pembantaian, penembakan juga penculikan. Serta yang tidak kalah bahayanya maraknya adalah fenomena mengkafirkan sesama orang Islam dan membunuh wanita anak dan  orang tua padahal tindakan seperti ini sama sekali tidak dibenarkan dalam syariat Islam  apalagi jika terhadap sesama muslim.

Bahkan abad ini seakan menjadi abad teror yang dilakukan oleh sekelompok penebar fitnah dari kalangan Islam yang dangkal dalam memahami ajaran Islam. Berbagai teror bom dari negeri Islam sendiri hingga negara Barat banyak dilakukan oleh kalangan muslim yang melegitimasi kekerasannya atas nama Islam. Sungguh sebuah fitnah luar biasa yang dihadapi oleh umat Islam secara global.

Alasan Eksploitasi Agama untuk Teror

Sedikitnya ada beberapa faktor yang mengakibatkan hal tersebut dapat kenapa agama menjadi sangat rentan untuk dijadikan justifikasi dan legitimasi kekerasan. Pertama, untuk mempropagandakan sebuah pemikiran membutuhkan sebuah sarana yang dijamin mampu menghantarkan ke sasarannya dan memberikan pengaruh kuat terhadap diri seseorang. Agama merupakan salah satu sarana kuat untuk melegitimasi keyakinan seseorang. Agama yang memiliki dimensi doctrinal mampu memberikan kepuasaan dan ketenangan.

Fir’aun untuk menyingkirkan pengaruh Nabi Musa di tengah rakyatnya menggunakan isu agama untuk meruntuhkan teori Nabi Musa As sebagaimana yang difirmankan Allah dalam Qur’an Surah Al Mu’min, ayat : 26  sebagai barikut: Artinya : Sesungguhnya saya sangat khawatir jika Musa mengganti agama kalian. Dengan penegasan dimensi agama ini, Fir’aun mendapat dukungan kuat dari rakyatnya untuk melawan Nabi Musa As dengan dalih agama. Hal ini juga yang terjadi pada kelompok teroris yang menggunakan agama sebagai label terhadap semua aksinya dan pandangan-pandangannya untuk menarik simpati masyarakat.

Kedua, perasaan pada pemeluk agama tertentu sebagai kelompok yang tertindas  yang menimbulkan reaksi yang bernuansa agama. Misalnya orang-orang Nasrani yang ekstrim mengajak agar meninggalkan agamanya dan ajaran-ajaran Nabi Isa As dengan asumsi telah terjadi sebuah penindasan dalam agamanya akibat kompleksitas dalam memahami agamanya. Hal ini juga terjadi di kalangan umat Islam.

Faktor ini biasanya disebabkan oleh ketidakpahaman terhadap masalah agama dan kesalahan dalam memahami konteks-konteks yang ada atau karena tidak mengetahui atau tidak ingin menggali sintesis-sintesis yang ada dalam agama itu itu sendiri. Padahal agama itu mengajak kepada toleransi kerukunan hidup dan kini kita sedang hidup dalam sebuah pergolakan yang sangat mengerikan yang terjadi antara sekte-sekte dalam agama.

Ketiga, prinsip eksistensialisme masih sangat kental di dalam agama-agama. Muncul keinginan untuk tampil secara sendiri dan persepsi yang memiliki kelebihan dari yang lain. Monopoli klaim kebenaran menjadi salah satu faktor. Akibatnya perasaan ini akan membawa pada suatu prinsip penggunaan berbagai cara untuk mencapai tujuan sebagaimana yang dilakukan oleh kelompok teror yang membolehkan dan membenarkan segala cara untuk mencapai keinginannya. 

Sekali lagi agama sebagai jalan keselamatan tidak pernah mengajarkan pada kekerasan. Agama justru telah dibajak untuk kepentingan kekerasan. Agama samawi telah banyak menelan sejarah pahit dari proses eksploitasi oleh penganutnya.

Page 2 of 2
Prev12
Tags: alasan kekerasan atas nama agamasejarah terorismesejarah terorisme dalam agama samawi
Previous Post

Mengenal Sultan Ulama Izzuddin bin Abdussalam yang Tak Lelah dalam Belajar

Next Post

Mempertanyakan Cara Beragama Kita Saat ini?

Dr. Suaib Taher

Dr. Suaib Taher

RelatedPosts

gerakan gen z
Kajian

Gelombang “Asia Spring”: Belajar Mengelola Gerakan Gen Z untuk Perubahan (2)

13/09/2025
asia spring
Kajian

Gelombang “Asia Spring”: Belajar Mengelola Gerakan Gen Z untuk Perubahan (1)

12/09/2025
dekonstruksi di era digital
Kajian

Dekonstruksi “Rezim Kebenaran” di Era Digital (2) : Menunda Kebenaran, Meluaskan Perspektif

26/07/2025
Peran Media Sosial Dalam Mewujudkan Siswa Toleran
Kajian

Dekonstruksi “Rezim Kebenaran” di Era Digital (1) : Bagaimana Cara Anak Muda Menyelamatkan Akal Sehatnya

22/07/2025
kampanye anti intoleransi
Kajian

Apakah Toleransi Berarti Membiarkan Intoleransi?

21/04/2024
Ada Apa di Bulan Dzulqa’dah
Kajian

Ada Apa di Bulan Dzulqa’dah?

30/05/2023
Next Post
Mempertanyakan Cara Beragama Kita Saat Ini?

Mempertanyakan Cara Beragama Kita Saat ini?

Pemikiran Pesantren: Dari Tradisionalisme Menuju Kosmopolitanisme

Pemikiran Pesantren: Dari Tradisionalisme Menuju Kosmopolitanisme

Cari Artikel

No Result
View All Result

Masuk / Daftar

Masuk ke Akun anda
face
visibility
Daftar | Lupa kata sandi ?

Artikel Teerbaru

gerakan gen z

Gelombang “Asia Spring”: Belajar Mengelola Gerakan Gen Z untuk Perubahan (2)

13/09/2025
asia spring

Gelombang “Asia Spring”: Belajar Mengelola Gerakan Gen Z untuk Perubahan (1)

12/09/2025
Rasulullah SAW Teladan dalam Segala Aspek Kehidupan

Rasulullah SAW Teladan dalam Segala Aspek Kehidupan

09/09/2025
hukum alam

Hukum Alam Adalah Hukum Tuhan: Apakah Mukjizat Mengingkari Sebab-Akibat

21/08/2025
Membantah Pernyataan Zulkarnain Yusuf Tentang “indonesia Negara Kafir”

Kemerdekaan Indonesia dalam Perspektif Iman

15/08/2025

Trending Artikel

  • Ulama Scaled

    Mengenal Istilah Rabbani

    327 shares
    Share 131 Tweet 82
  • 4 Penghalang Ibadah Kepada Allah Menurut Imam Al-Ghazali 

    310 shares
    Share 124 Tweet 78
  • Belajar Konsep Ketuhanan dari Surat Al Ikhlas

    268 shares
    Share 107 Tweet 67
  • Kitab Tajul ‘Arus: Makna Pengorbanan dan Obat Penyakit Hati

    263 shares
    Share 105 Tweet 66
  • Kitab “Majmû’ Fatâwâ” Karya Ibnu Taimiyah (1)

    258 shares
    Share 103 Tweet 65
Putih E E
  • Redaksi
  • Kirim Artikel
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Kerjasama
No Result
View All Result
  • Kajian
  • Gagasan
  • Kolom
  • Biografi
  • Peradaban
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Kesehatan
  • Review Kitab
  • Bulletin
    • Bulletin Jumat
    • Bulletin Islamina

© 2021 Islamina - Design by MSP.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

*By registering into our website, you agree to the Terms & Conditions and Privacy Policy.
All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.