Berbagai faktor membuat fashion Muslim Indonesia terus maju. Fashion Muslim menawarkan berbagai hal sehingga angka perkembangannya semakin naik. Berbagai faktor itu yakni terus naiknya permintaan busana Muslim, tumbuhnya komunitas-komunitas hijab dan sebagainya sampai diselenggarakannya beragam bazar, peragaan busana muslim, kegiatan hijab class di kampus, perusahaan, pengajian, ataupun arisan sangat mendukung tumbuhnya bisnis fashion Muslim di Tanah Air.
Pada tahun 2017, Indonesia berada di urutan ketiga konsumen fashion Muslim dunia. Urutan ketiga itu merupakan fakta data konsumsi pembelanjaan dengan total sebesar US$ 20 milyar. Tentu saja jika para produsen tanah air mampu menguasai pasar dalam negeri secara keseluruhan. Selanjutnya, produsen dalam negeri sudah mampu menunjukkan nilai eksistensi produk asli Indonesia di pasar dunia sehingga berpotensi besar diserbu oleh para konsumen mancanegara sampai semakin kuat nilai ekspor dan mampu menunjang kuatnya ekonomi Industri Indonesia.
Referensi
Dinar Standard. The State of Global Islamic Economy Report 2019/2020.
Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka. Majalah GEMA, No.5, April-Juni. (2019).
Meilinawati, Lina. “Jilbab: Budaya Pop Dan Identitas Muslim Di Indonesia”. IBDA’: Jurnal Kajian Islam dan Budaya, Vol. 14, No. 1, Januari-Juni. (2016).
Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional KEMENDAG RI. Warta Ekspor. (2015)