Jumat, Agustus 12, 2022
  • Login
  • Register
islamina.id
  • Beranda
  • Kabar
  • Kajian
  • Gagasan
  • Kolom
  • Biografi
  • Peradaban
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Kesehatan
  • Review Kitab
  • Wawancara
  • Bulletin
    • Bulletin Islamina
    • Bulletin Jumat
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Kabar
  • Kajian
  • Gagasan
  • Kolom
  • Biografi
  • Peradaban
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Kesehatan
  • Review Kitab
  • Wawancara
  • Bulletin
    • Bulletin Islamina
    • Bulletin Jumat
No Result
View All Result
islamina.id
No Result
View All Result
Home Gaya Hidup Fashion
Indonesia Sebagai Kiblat Fashion Muslim Dunia

Indonesia Sebagai Kiblat Fashion Muslim Dunia

Indonesia Sebagai Kiblat Fashion Muslim Dunia

Syahril Mubarok by Syahril Mubarok
12/07/2020
in Fashion, Gaya Hidup
6 1
0
7
SHARES
133
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on WAShare on Telegram

islamina.id — Indonesia dengan penduduk mayoritas Muslim, merupakan fakta yang tidak terbantahkan. Walaupun dari berbagai suku dan bahasa yang berbeda, mereka tetap mencerminkan nilai-nilai Islam bahkan dalam busana. Konversi budaya serta semakin progresifnya pada fashion menjadikan Indonesia sebagai tujuan fashion Muslim di dunia.

Dalam data terbaru dari The State of Global Islamic Economy Report 2019/2020, Indonesia urutan ketiga dalam pengembangan fashion Muslim dunia setelah Uni Emirat Arab dan Turki (Dinar Standard, 2019). Terjadi penurunan pada tahun ini, padahal pada tahun 2019 menempati posisi runner up. Hal ini dikarenakan investor lebih melirik negara yang memiliki mode fashion inklusif dan kontemporer.

BacaJuga

Era Teknologi dan Masifnya Disinformasi

Tidurnya Orang-Orang Saleh

Keselarasan Islam dan Stoisisme

Indonesia Sebagai Kiblat Fashion Muslim Dunia

Pada tahun 2019 yang lalu, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA), melakukan berbagai kegiatan pengembangan industri fashion Muslim yang melibatkan sebanyak 656 pelaku IKM fashion dan 60 desainer. Kegiatan tersebut merupakan program pembinaan terintegrasi yang dilakukan oleh pihak kementerian (Majalah GEMA, 2019).

Pola programnya, yakni link and match industri fashion Muslim dengan
industri tekstil, bimbingan teknis, sertifikasi SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), pembangunan kapasitas IKM fashion Muslim, serta penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru IKM Busana Muslim. Kemudian ada program Moslem Fashion Project (MOFP), berupa kompetisi dan inkubasi bagi startup fashion Muslim, penyusunan roadmap Pengembangan Industri Fashion Muslim.

Prediksi Strategis Fashion Muslim Indonesia

Di Indonesia, Hijab maupun jilbab merupakan hal yang penting terkait identitas Muslimah. Fenomenanya pun selalu menarik untuk dibicarakan karena terangkai berbagai unsur di dalamnya. Unsur-unsur tersebut sulit untuk diuraikan dan saling berimplikasi.

Dalam jurnal yang berjudul Jilbab: Budaya Pop dan Identitas Muslim Indonesia, ditemukan bahwa jilbab sebagai penutup kepala variannya bermacam-macam sesuai perkembangan trend. Model jilbab Muslimah di Indonesia mengadopsi berbagai gaya lokal dan internasional. Dari itu juga, pengaplikasian jilbab mengalami negosiasi budaya setempat dan menjadikan Muslimah Indonesia memiliki identitas hibrid dalam berjilbab (Meilinawati, 2016).

Indonesia Sebagai Kiblat Fashion Muslim Dunia

Fenomena terbaru fashion Muslim Indonesia yaitu semakin banyaknya model busana membuat banyak minat terhadap dunia mode dengan cara Islam. Bahkan mereka membentuk komunitas di seluruh dunia. Lalu mereka mencoba menciptakan cara baru dalam menutup aurat. Berani mencampur warna, yang menjadi sebutan busana Muslimah yaitu pakaian warna-warni. Selanjutnya, gaun panjang seperti kaftan dan kabaya termasuk yang paling populer akhir-akhir ini (Warta Ekspor, 2015).

Berbagai faktor membuat fashion Muslim Indonesia terus maju. Fashion Muslim menawarkan berbagai hal sehingga angka perkembangannya semakin naik. Berbagai faktor itu yakni terus naiknya permintaan busana Muslim, tumbuhnya komunitas-komunitas hijab dan sebagainya sampai diselenggarakannya beragam bazar, peragaan busana muslim, kegiatan hijab class di kampus, perusahaan, pengajian, ataupun arisan sangat mendukung tumbuhnya bisnis fashion Muslim di Tanah Air.

Pada tahun 2017, Indonesia berada di urutan ketiga konsumen fashion Muslim dunia. Urutan ketiga itu merupakan fakta data konsumsi pembelanjaan dengan total sebesar US$ 20 milyar. Tentu saja jika para produsen tanah air mampu menguasai pasar dalam negeri secara keseluruhan. Selanjutnya, produsen dalam negeri sudah mampu menunjukkan nilai eksistensi produk asli Indonesia di pasar dunia sehingga berpotensi besar diserbu oleh para konsumen mancanegara sampai semakin kuat nilai ekspor dan mampu menunjang kuatnya ekonomi Industri Indonesia.


Referensi

Dinar Standard. The State of Global Islamic Economy Report 2019/2020.

Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka. Majalah GEMA, No.5, April-Juni. (2019).

Meilinawati, Lina. “Jilbab: Budaya Pop Dan Identitas Muslim Di Indonesia”. IBDA’: Jurnal Kajian Islam dan Budaya, Vol. 14, No. 1, Januari-Juni. (2016).

Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional KEMENDAG RI. Warta Ekspor. (2015)

Tags: FashionFashion MuslimKiblat Fashion Muslim DuniaMuslim Indonesia
Previous Post

Ghibah: Pemicu dan Penawarnya

Next Post

Mengenal Tasawuf dan 3 Pilar Ajarannya

Syahril Mubarok

Syahril Mubarok

Netflix dan Kopi Hitam

RelatedPosts

disinformasi
Gaya Hidup

Era Teknologi dan Masifnya Disinformasi

25/06/2022
Tidur
Gaya Hidup

Tidurnya Orang-Orang Saleh

11/06/2022
Islam dan Stoisisme
Gaya Hidup

Keselarasan Islam dan Stoisisme

29/05/2022
Perempuan Kebaya dan Emansipasi
Gaya Hidup

Perempuan, Kebaya, dan Emansipasi

22/05/2022
Raga dan Doa
Gaya Hidup

Raga dan Doa

18/05/2022
Kaderisasi Peacekeeper pada Digital Native
Gaya Hidup

Kaderisasi Peacekeeper pada Digital Native

23/04/2022
Next Post
Old Books

Mengenal Tasawuf dan 3 Pilar Ajarannya

Kapan Masyarakat Indonesia Akrab Dengan Alquran?

Kapan Masyarakat Indonesia Akrab Dengan Alquran?

Cari Artikel

No Result
View All Result

Masuk / Daftar

Masuk ke Akun anda
face
visibility
Daftar | Lupa kata sandi ?

Artikel Teerbaru

thumbnail bulletin jum'at al-wasathy

Bulletin Jum’at Al-Wasathy | Edisi 037

12/08/2022
Anwar Sanusi

Stop Perdebatan Narasi Konfrontasi Antara Pancasila dan Agama

11/08/2022
Sekjen MUI Amirsyah Tambunan

Jelang 2024, MUI: Tolak Politisasi Agama dan Politik Identitas

10/08/2022
Musdah Mulia

Kikis Intoleransi, Jangan Ada Lagi Pemaksaan Jilbab di Sekolah

07/08/2022
bulletin jum'at

Bulletin Jum’at Al-Wasathy | Edisi 036

05/08/2022

Trending Artikel

  • Pribadi Nabi Muhammad Saw Yang Introvert

    Pribadi Nabi Muhammad SAW yang Introvert

    81 shares
    Share 32 Tweet 20
  • Belajar Konsep Ketuhanan dari Surat Al Ikhlas

    62 shares
    Share 25 Tweet 16
  • Cara Islam Mengatasi Rasa Insecure

    53 shares
    Share 21 Tweet 13
  • Disebut Jokowi di Pengukuhan PBNU, Ini Profil Ainun Najib

    49 shares
    Share 20 Tweet 12
  • Definisi Dai, Ustadz, Mufti, Murobbi dan Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi

    39 shares
    Share 16 Tweet 10
Putih E E
  • Redaksi
  • Kirim Artikel
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Kerjasama
No Result
View All Result
  • Kajian
  • Gagasan
  • Kolom
  • Biografi
  • Peradaban
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Kesehatan
  • Review Kitab
  • Bulletin
    • Bulletin Jumat
    • Bulletin Islamina

© 2021 Islamina - Design by MSP.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

*By registering into our website, you agree to the Terms & Conditions and Privacy Policy.
All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.