Jumat, Agustus 22, 2025
  • Login
  • Register
islamina.id
  • Beranda
  • Kabar
  • Kajian
  • Gagasan
  • Kolom
  • Biografi
  • Peradaban
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Kesehatan
  • Review Kitab
  • Video
  • Bulletin
    • Bulletin Islamina
    • Bulletin Jumat
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Kabar
  • Kajian
  • Gagasan
  • Kolom
  • Biografi
  • Peradaban
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Kesehatan
  • Review Kitab
  • Video
  • Bulletin
    • Bulletin Islamina
    • Bulletin Jumat
No Result
View All Result
islamina.id
No Result
View All Result
Home Gaya Hidup
Islam Untuk Generasi Z: Panduan Bagi Guru Pai (1)

Islam Untuk Generasi Z: Panduan Bagi Guru Pai (1)

Islam untuk Generasi Z: Panduan Bagi Guru PAI (1)

Hatim Gazali by Hatim Gazali
04/11/2021
in Gaya Hidup, Tajuk Utama
6 0
0
5
SHARES
95
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on WAShare on Telegram

Karena itulah, bagian ini mengulas tentang 1) Ciri dan karakteristik generasi Z, 2) Bagaimana mengajarkan Islam kepada Gen-Z ini dengan memanfaatkan sumber belajar sehingga dalam mempelajari Islam tidak terkesan menoton dan membosankan tetapi mengasyikkan dan bermakna sekaligus. 

Ciri dan Karakteristik

Adalah Karl Mannheim melalui bukunya yang berjudul The Problem of Generation yang mula-mula memperkenalkan teori generasi. Menurutnya, setiap manusia akan saling mempengaruhi dan membentuk karakter yang cenderung sama karena menghadapi dan melewati sosio-sejarah yang sama. Artinya, manusia yang mengalami perang Dunia I akan berbeda karakternya dengan manusia yang menghadapi perang dunia II. Begitu seterusnya. 

BacaJuga

Menuju Kematangan Hubungan Umat Beragama : Catatan Akhir Tahun

Yang Penting (BUKAN) Pengangguran

Menghidupkan Kesyahidan Pahlawan

Dari teori inilah, para sosiolog Amerika Serikat membagi generasi manusia ke dalam beberapa generasi yang didasarkan pada waktu lahirnya. Generasi Era Depresi, Generasi Perang Dunia II, Generasi Pasca-PD II, Generasi Baby Boomer I, Generasi Baby Boomer II, Generasi X, Generasi Y alias Milenial, lalu Generasi Z. 

Kesalahpahaman terjadi ketika kita menganggap bahwa setiap manusia yang lahir pada tahun tertentu kemudian pasti menjadi kelompok generasi tertentu. Misalnya, generasi yang lahir di rentang 1977-1995 pasti dianggap generasi millennial. Kenapa dianggap kesalahan, karena ia hanya mengidentifikasi berdasarkan tahun lahir bukan pada sosio-sejarah yang membentuknya. 

Jika kita konsisten pada teori generasi di atas bahwa pembagiannya berdasarkan pada sosio-sejarah yang membentuk, maka seseorang yang lahir pada periode 1997-1995 di satu negara tertentu akan berbeda karakteristiknya dengan di negara yang lain. Misalnya, sama-sama lahir pada periode 1996-2010, anak yang lahir dengan di pedesaan yang sangat terbelakang dengan anak yang lahir di perkotaan yang sudah maju, hasilnya akan berbeda. 

Singkatnya, pembagian generasi tersebut tidak serta hanya berdasarkan pada waktu lahir, tetapi juga harus memperhatikan sosio-sejarah pembentuknya, sehingga tidak perlu generalisasi. Untuk itu, generasi Z tidak cukup hanya dicirikan berdasarkan tahun lahir, melainkan juga sosio-historis yang dihadapinya. Salah satu ciri yang sangat kuat dari generasi Z adalah akses dan ketergantungan terhadap teknologi, gadget dan pelacakan informasi secara acak. Mereka bukan generasi yang secara tekun membaca suatu narasi melalui buku-buku cetak. Sebaliknya, mereka lebih enjoy terhadap informasi yang bertebaran di dunia internet, terutama yang berbentuk visual dan gambar. 

Mari kita fokus kepada generasi Z yang sedang kita hadapi di kelas-kelas di mana kita mengajar. Seperti apa karakteristik mereka? Secara sederhana, mereka memiliki karakteristik 

  1. Multi-Tasking. Generasi Z ini dapat mengerjakan beberapa pekerjaan secara bersamaan, mereka bisa mengetik di laptop sembari mendengarkan lagu dari internet, mengakses media sosial melalui gawai, mencari referensi penting untuk menyelesaikan tugas, dan menonton TV.  
  2. Teknologi. Mereka adalah generasi yang memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap teknologi, terutama berbasis internet. Rata-rata per hari mereka bisa menghabiskan waktu 3-5 jam untuk mengakses media sosial. 
  3. Terbuka. Berkat media sosial tersebut, mereka adalah generasi yang terbuka terhadap hal-hal baru, suka penasaran terhadap kebaruan termasuk mencoba hal-hal baru. 
  4. Audi-visual. Mereka adalah generasi yang lebih menikmati audio dan visual ketimbang teks tulisan, sehingga gambar, video, grafis dan bentuk audio-visual lainnya lebih disukai. 
  5. Kreatif. Banyaknya informasi yang didapatkan melalui gadget yang dimilikinya, menjadikan mereka sebagai sosok yang kreatif. 
  6. Inovatif. Mereka adalah sosok yang tidak puas dengan keadaan hari ini, karena itulah, ia berusaha untuk memunculkan inovasi-inovasi yang dapat mempermudah hidupnya. 
  7. Kritis. Dengan teknologi digenggamannya, mereka dapat mengakses beragam informasi secara acak, sehingga menjadikan mereka kritis dalam membaca sesuatu karena sumber yang dibaca tidak pernah tunggal. 
  8. Kolaborasi. Di tangan mereka, era kompetisi seakan berakhir. Mereka lebih menikmati kolaborasi sesama generasi mereka untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. 

Karena ciri dan karakteristiknya yang demikian, menghadapi generasi Z tidak bisa sama dengan menghadapi generasi sebelumnya. Para guru atau dosen seringkali mengeluh dan membandingkan apa yang dialaminya dulu sewaktu Sekolah dengan siswa yang dihadapinya. Mereka seringkali lupa bahwa zaman terus bergerak, dan kita seringkali gagap untuk mengikuti perkembangan zaman tersebut. 

Page 2 of 2
Prev12
Tags: dosenGenerasi IslamGenerasi ZguruPAIPendidikan Agama Islam
Previous Post

Mencari Panglima TNI yang Inklusif

Next Post

Bulletin Jum’at Al-Wasathy | Edisi 009

Hatim Gazali

Hatim Gazali

Pemimpin Redaksi Islamina.id | Dosen Universitas Sampoerna | Ketua PERSADA NUSANTARA | Pengurus Pusat Rabithah Ma'ahid Islamiyah PBNU

RelatedPosts

edisi desember 2024
Bulletin

Menuju Kematangan Hubungan Umat Beragama : Catatan Akhir Tahun

25/12/2024
Yang Penting Bukan Pengangguran
Kolom

Yang Penting (BUKAN) Pengangguran

04/12/2024
Islamina Edisi November 2024
Bulletin

Menghidupkan Kesyahidan Pahlawan

18/11/2024
Bulletin edisi oktober
Bulletin Islamina

Jihad Santri di Abad Digital

11/10/2024
Edisi September 2
Bulletin Islamina

Maulid dan Budaya Populer

20/09/2024
Edisi September 1
Bulletin Islamina

Menerka Misi Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

05/09/2024
Next Post
Bulletin Jum’at Al-wasathy | Edisi 009

Bulletin Jum'at Al-Wasathy | Edisi 009

Inspirasi Surat Ali Imran 133-136 Tentang Kriteria Orang Yang Bertakwa

Inspirasi Kehidupan dari Surat Al Lahab dan Tafsirnya

Cari Artikel

No Result
View All Result

Masuk / Daftar

Masuk ke Akun anda
face
visibility
Daftar | Lupa kata sandi ?

Artikel Teerbaru

hukum alam

Hukum Alam Adalah Hukum Tuhan: Apakah Mukjizat Mengingkari Sebab-Akibat

21/08/2025
Membantah Pernyataan Zulkarnain Yusuf Tentang “indonesia Negara Kafir”

Kemerdekaan Indonesia dalam Perspektif Iman

15/08/2025
teologi kemerdekaan

Al-Baqarah : 177 – Peta Jalan Teologi Kemerdekaan dalam Islam

15/08/2025
kerusakan alam

Ketika Alam Tak Lagi Sakral: Ikhtiar Membangun Eko-Teologi dari Kritik Jantung Peradaban

02/08/2025
kurt godel

Ketika Tuhan Dibuktikan Tidak dengan Keimanan Buta, Tetapi dengan Logika: Kurt Gödel dan Rumus Ketuhanan

27/07/2025

Trending Artikel

  • Ulama Scaled

    Mengenal Istilah Rabbani

    319 shares
    Share 128 Tweet 80
  • 4 Penghalang Ibadah Kepada Allah Menurut Imam Al-Ghazali 

    298 shares
    Share 119 Tweet 75
  • Belajar Konsep Ketuhanan dari Surat Al Ikhlas

    264 shares
    Share 106 Tweet 66
  • Kitab Tajul ‘Arus: Makna Pengorbanan dan Obat Penyakit Hati

    256 shares
    Share 102 Tweet 64
  • Kitab “Majmû’ Fatâwâ” Karya Ibnu Taimiyah (1)

    248 shares
    Share 99 Tweet 62
Putih E E
  • Redaksi
  • Kirim Artikel
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Kerjasama
No Result
View All Result
  • Kajian
  • Gagasan
  • Kolom
  • Biografi
  • Peradaban
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Kesehatan
  • Review Kitab
  • Bulletin
    • Bulletin Jumat
    • Bulletin Islamina

© 2021 Islamina - Design by MSP.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

*By registering into our website, you agree to the Terms & Conditions and Privacy Policy.
All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.