Jumat, Agustus 22, 2025
  • Login
  • Register
islamina.id
  • Beranda
  • Kabar
  • Kajian
  • Gagasan
  • Kolom
  • Biografi
  • Peradaban
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Kesehatan
  • Review Kitab
  • Video
  • Bulletin
    • Bulletin Islamina
    • Bulletin Jumat
No Result
View All Result
  • Beranda
  • Kabar
  • Kajian
  • Gagasan
  • Kolom
  • Biografi
  • Peradaban
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Kesehatan
  • Review Kitab
  • Video
  • Bulletin
    • Bulletin Islamina
    • Bulletin Jumat
No Result
View All Result
islamina.id
No Result
View All Result
Home Gagasan
Menyoal Trend Hijrah Di Kalangan Milenial

Menyoal Trend Hijrah Di Kalangan Milenial

Menyoal Trend Hijrah di Kalangan Milenial

Ahmad Asroni by Ahmad Asroni
11/07/2021
in Gagasan, Tajuk Utama
12 1
0
12
SHARES
234
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on WAShare on Telegram

Akhir-akhir ini istilah hijrah menjadi semakin populer di telinga masyarakat Muslim Indonesia. Istilah ini kembali banyak digaungkan oleh ustadz-ustadzah selebritis melalui berbagai pengajian dan juga media sosial. Saat ini banyak bermunculan akun hijrah di media sosial dengan ribuan bahkan jutaan follower. Akun hijrah dan postingan bertema hijrah juga membanjiri facebook dan twitter. Uniknya, pelaku dan pegiat gerakan hijrah bukan saja berasal dari kalangan masyarakat biasa, tetapi juga public figure seperti selebritas dan olahragawan terkenal. 

Di kalangan selebritas ada sederet nama beken semisal Teuku Wisnu, Shiren Sungkar, Sakti “Sheila on Seven”, Dewi Sandra, Arie Untung, Fenita Arie, Uki dan Reza “Noah”, Rizal “Armada”, Mulan Jameela, Sunu “Matta Band”, Irwansyah, Chacha Frederika, dan selebritas-selebritas lainnya. Sementara dari kalangan olahragawan ada sejumlah nama populer seperti Lindswell Kwok, Mohammad Ahsan, Maria Febe Kusumastuti, dan Adriyanti Firdasari, dan Diego Michels. Para pesohor tanah air tersebut tidak hanya berpenampilan syar’i saja seperti berhijab bagi perempuan dan memanjangkan jenggot bagi laki-laki, namun juga terlibat aktif dalam berbagai kegiatan dakwah dan kajian keislaman.    

BacaJuga

Hukum Alam Adalah Hukum Tuhan: Apakah Mukjizat Mengingkari Sebab-Akibat

Al-Baqarah : 177 – Peta Jalan Teologi Kemerdekaan dalam Islam

Ketika Alam Tak Lagi Sakral: Ikhtiar Membangun Eko-Teologi dari Kritik Jantung Peradaban

Hijrah sejatinya bukanlah terma yang baru. Istilah ini telah lama populer di kalangan Muslim. Hijrah merupakan peristiwa sejarah di mana Nabi Muhammad SAW dan para sahabat berpindah ke luar Mekkah untuk mencari perlindungan diri. Hijrah dilakukan lantaran saat itu Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya kerap mendapatkan banyak diskriminasi, intimidasi, dan juga persekusi dari kaum kafir Mekkah. Menurut catatan sejarah, ada 2 (dua) kali peristiwa hijrah yang pernah dilakukan oleh umat Muslim. Pertama, hijrah ke negeri Habasyah (Ethiopia). 

Hijrah ini dilakukan oleh pengikut awal nabi untuk menghindari persekusi kaum kafir Quraisy Mekkah. Saat itu, para pengikut Nabi mendapatkan suaka politik dari raja Habasyah yang beragama Kristen (Shihab, 2011). Kedua, hijrah Nabi SAW dan pengikutnya dari Mekkah ke Yasrib (kini: Madinah al-Munawwaroh) untuk menghindari perlakuan yang tidak manusiawi elit-elit penguasa zalim Mekkah. Dalam peristiwa hijrah ini, Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya yang terkenal dengan sebutan kelompok muhajirin disambut dan diperlakukan dengan sangat baik oleh masyarakat Madinah. 

Peristiwa historis nan monumental tersebut kemudian diabadikan menjadi kalender Islam (kalender hijriyah). Jika kita menyimak sejarah hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dan para pengikutnya tersebut, maka istilah hijrah bermakna perpindahan secara fisik ke daerah/wilayah lain guna menyelamatkan diri dari kebengisan kaum kafir Mekkah.

Pergeseran Makna Hijrah

Saat ini terma hijrah telah mengalami pergeseran makna. Istilah hijrah disematkan kepada gerakan yang mengajak umat muslim, terutama generasi muda, untuk berhijrah kepada kebaikan dengan menjalankan syariat agama secara kaffah. Dalam konteks ini, hijrah dimaknai sebagai transformasi diri seorang Muslim dari yang semula kurang agamis menjadi lebih agamis. Dalam perspektif pelakunya, hijrah berarti meninggalkan kebiasaan buruk seperti meninggalkan pakaian yang mengumbar aurat dan menggantinya dengan berpakaian yang syar’i yaitu mengenakan hijab dan cadar. 

Selain terjadinya perubahan penampilan fisik, pelaku hijrah juga berupaya melakukan perubahan sikap dan perilaku. Mereka meninggalkan aktivitas-aktivitas yang tidak Islami dan tidak bermanfaat seperti pacaran, dugem, bermusik, selfie, dan nongkrong. Kemudian mereka beralih kepada aktivitas-aktivitas yang Islami. Banyak pula di antara mereka yang menjadi aktivis dakwah. 

Pada umumnya pelaku hijrah merupakan anak-anak muda perkotaan yang awam dan dangkal pengetahuan keagamaan (baca: keislaman). Mereka umumnya banyak yang berlatar belakang pendidikan umum. Aktivis hijrah kebanyakan terdapat di sekolah dan perguruan tinggi umum. Mereka tertarik dengan gerakan hijrah lantaran gerakan tersebut menawarkan gaya dan cara hidup yang lebih “Islami”. Di antaranya kampanye memerangi kemerosotan moral di kalangan generasi muda seperti pergaulan bebas, tawuran, konsumsi alkohol, dan penyalahgunaan narkoba. Mereka juga tertarik kepada gerakan hijrah lantaran gerakan ini menjanjikan kepastian dalam persoalan keagamaan dan juga menawarkan gagasan khilafah Islamiyah, penerapan syariat Islam, serta gerakan anti-China, asing, dan Barat. 

Para aktivis gerakan hijrah umumnya sangat melek teknologi. Dakwah mereka tidak monoton. Mereka memanfaatkan berbagai kanal media sosial untuk berdakwah dan menggaet follower. Mereka piawai dalam menggunakan budaya pop untuk menarik simpati kaum milenial. Dalam berdakwah secara virtual, mereka menghiasi berbagai media sosial dengan konten-konten dakwah yang menarik, baik berupa foto, audio, meme, maupun video. Semua itu dikemas dengan bahasa anak muda. Selain mengoptimalkan media sosial, para aktivis hijrah juga menerbitkan berbagai buku dengan kemasan yang menarik dan sarat pesan motivasi. Mereka mampu mencuri perhatian kalangan milenial lantaran mereka piawai dalam mengkomodifikasi agama dengan menawarkan berbagai produk menarik dengan harga yang relatif terjangkau. Beberapa di antaranya adalah baju yang berisi pesan-pesan Islami dan celana cingkrang yang fashionable. Produk hijab dan cadar yang diperjual-belikan mereka pun memiliki beragam model dan cukup fashionable, namun tetap tampak syar’i.

Page 1 of 2
12Next
Tags: hijrahHijrah KebangsaanHijrah MilenialMakna Hijrahnasionalisme
Previous Post

Hadramaut Sebagai Destinasi Wisata Religi Abad Ini

Next Post

Manfaat Kurban bagi Kehidupan Manusia Terutama Saat Covid 19

Ahmad Asroni

Ahmad Asroni

Dosen Universitas Islam Indonesia

RelatedPosts

hukum alam
Gagasan

Hukum Alam Adalah Hukum Tuhan: Apakah Mukjizat Mengingkari Sebab-Akibat

21/08/2025
teologi kemerdekaan
Gagasan

Al-Baqarah : 177 – Peta Jalan Teologi Kemerdekaan dalam Islam

15/08/2025
kerusakan alam
Gagasan

Ketika Alam Tak Lagi Sakral: Ikhtiar Membangun Eko-Teologi dari Kritik Jantung Peradaban

02/08/2025
kurt godel
Biografi

Ketika Tuhan Dibuktikan Tidak dengan Keimanan Buta, Tetapi dengan Logika: Kurt Gödel dan Rumus Ketuhanan

27/07/2025
agama cinta
Gagasan

Masa Depan Agama adalah Agama Cinta

17/07/2025
sound horeg
Gagasan

Sound Horeg: Pergulatan Subkultur dan Diskursus Agama

15/07/2025
Next Post
Manfaat Kurban Bagi Kehidupan Manusia Terutama Saat Covid 19

Manfaat Kurban bagi Kehidupan Manusia Terutama Saat Covid 19

75 Tahun Indonesia: Kita Harus Tulis Ulang Sejarah !!

75 TAHUN INDONESIA: KITA HARUS TULIS ULANG SEJARAH !!

Cari Artikel

No Result
View All Result

Masuk / Daftar

Masuk ke Akun anda
face
visibility
Daftar | Lupa kata sandi ?

Artikel Teerbaru

hukum alam

Hukum Alam Adalah Hukum Tuhan: Apakah Mukjizat Mengingkari Sebab-Akibat

21/08/2025
Membantah Pernyataan Zulkarnain Yusuf Tentang “indonesia Negara Kafir”

Kemerdekaan Indonesia dalam Perspektif Iman

15/08/2025
teologi kemerdekaan

Al-Baqarah : 177 – Peta Jalan Teologi Kemerdekaan dalam Islam

15/08/2025
kerusakan alam

Ketika Alam Tak Lagi Sakral: Ikhtiar Membangun Eko-Teologi dari Kritik Jantung Peradaban

02/08/2025
kurt godel

Ketika Tuhan Dibuktikan Tidak dengan Keimanan Buta, Tetapi dengan Logika: Kurt Gödel dan Rumus Ketuhanan

27/07/2025

Trending Artikel

  • Ulama Scaled

    Mengenal Istilah Rabbani

    319 shares
    Share 128 Tweet 80
  • 4 Penghalang Ibadah Kepada Allah Menurut Imam Al-Ghazali 

    298 shares
    Share 119 Tweet 75
  • Belajar Konsep Ketuhanan dari Surat Al Ikhlas

    264 shares
    Share 106 Tweet 66
  • Kitab Tajul ‘Arus: Makna Pengorbanan dan Obat Penyakit Hati

    256 shares
    Share 102 Tweet 64
  • Kitab “Majmû’ Fatâwâ” Karya Ibnu Taimiyah (1)

    248 shares
    Share 99 Tweet 62
Putih E E
  • Redaksi
  • Kirim Artikel
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Kerjasama
No Result
View All Result
  • Kajian
  • Gagasan
  • Kolom
  • Biografi
  • Peradaban
  • Gaya Hidup
    • Fashion
    • Kesehatan
  • Review Kitab
  • Bulletin
    • Bulletin Jumat
    • Bulletin Islamina

© 2021 Islamina - Design by MSP.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

*By registering into our website, you agree to the Terms & Conditions and Privacy Policy.
All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.