Nissa Sabyan dan Menyoal Esensi Pernikahan

Cukup mengagetkan berita yang beredar saat ini soal Nissa Sabyan seorang penyanyi religi Indonesia disebut ‘berselingkuh’ dengan Ayyus keybordis Sabyan Gambus. Tentu setiap orang mempunyai persepsinya masing-masing, hanya saja dari survey yang ada, setiap ada masalah perselingkuhan, wanita akan leih buruk dibandingkan pria itu sendiri.

Kepikir gak sih? Kenapa Nissa Sabyan hendak dengan Ayyus yang sudah beristri dan mempunyai dua orang anak. Sementara Nissa sendiri merupakan wanita single yang masih sangat muda, cantik, memiliki suara emas, berpenghasilan sendiri dan bertalenta. Secara logika, Nissa sangat mungkin bisa mendapatkan pria yang sepadan untuknya, dalam tanda kutip bukan kepada pria yang sudah berkeluarga.

Apakah karena cinta? Sebenarnya tidak ada yang salah dengan cinta, hanya saja salah pada siapa cinta itu berlabuh, dalam kasus ini untuk seorang Nissa Sabyan. Bisa jadi Nissa yang belum tahu atau tidak punya waktu untuk menemukan cinta yang dia inginkan yang mana telah didapatkan dari Ayyus seperti sekarang ini.

Setiap manusia pasti pernah khilaf dan melakukan kesalahan, sama seperti Nissa Sabyan. Apakah salah menjatuhkan hati pada pria yang berakhlak baik? Yang salah adalah mencintai seseorang yang sudah memiliki status menikah. Wanita yang berhijab bukan berarti malaikat yang tak pernah salah. Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa hal ini sudah biasa karena banyak terjadi.

Yang menjadi permasalahan besar hingga dipenuhi berita mengenai dirinya baik dipertelevisian maupun dunia maya ialah sosok “Nissa Sabyan” seorang artis yang identik dengan hijab dan penyanyi religius yang citranya dituntut melakukan hal-hal yang suci. Namun dalam hal ini, Nissa melakukan perselingkuhan yang sangat mengagetkan publik, terlebih dari Nissa sendiri pun belum membuat klarifikasi apapun.

Kembali lagi, layaknya wanita baik adalah wanita yang tidak memilih pasangan yang sudah beristri, begitu pun dari pihak pria yang seharusnya cukup mencari nafkah untuk istri tanpa mencintai perempuan lain yang akan menyakiti hati sang istri. Islam pun memberikan penghargaan besar terhadap ikatan pernikahan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda :

 إِذَا تَزَوَّجَ اْلعَبْد،ُ فَقَدِ اسْتَكْمَلَ نِصْفَ الدِّيْنِ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِيْمَا بَقِي

“Barangsiapa yang menikah, maka ia telah melengkapi separuh dari agamanya. Dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dalam memelihara yang separuhnya lagi”.

Namun dalam pernikahan tentu akan mengalami pasang surut, berbagai masalah bermunculan yang menyebabkan kerenggangan dan tidak menutup kemungkinan munculnya pihak ketiga yang dinamakan perselingkuhan. Dalam Qur’an Surat Al-Isra’ ayat 32 :

 وَلا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلا

“Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk. Dan kalau terjadi perzinahan maka ada akibat buruk untuk pelakunya di dunia dan akhirat”.

Ternyata perselingkuhan merupakan perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah. Jelas sudah akibat yang akan didapatkan apabila melakukan hal tersebut. Namun tidak akan terjadi perselingkuhan tanpa persetujuan kedua belah pihak, entah pria yang menggoda lalu wanita merespons atau sebaliknya. Maka jadikanlah pernikahan sekali seumur hidup dengan menjadikan keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah.

Dalam pandangan al-Qur’an salah satu tujuan pernikahan adalah menciptakan sakinah, mawaddah, dan rahmah antara suami, istri, dan anak-anaknya. Hal ini ditegaskan dalam QS. Ar-Rum: 21,

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

“Dan diantara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.